Tata Cara Makan di Cina

Seating dan melayani kebiasaan memainkan peran penting dalam etiket makan Cina. Misalnya, pengunjung tidak harus duduk atau mulai makan sebelum tuan rumah (atau tamu kehormatan) telah melakukannya. Ketika semua orang duduk, tuan rumah menawarkan untuk menuangkan teh, dimulai dengan secangkir orang tertua. Orang termuda disajikan terakhir sebagai tanda hormat untuk para sesepuh.

Tata Cara Makan di Cina Table Manner


Sama seperti di budaya Barat, peralatan komunal (sumpit dan sendok) digunakan untuk membawa makanan dari piring komunal mangkuk individu sendiri (atau piring). Hal ini dianggap kasar dan tidak higienis untuk restoran untuk menggunakan sumpit sendiri untuk mengambil makanan dari piring komunal dan mangkuk ketika peralatan tersebut ada.
Perilaku yang berpotensi kasar lainnya dengan sumpit termasuk bermain dengan mereka, memisahkan mereka dengan cara apapun (seperti memegang salah satu di masing-masing tangan), menusuk makanan dengan mereka, atau berdiri secara vertikal di sepiring makanan. (Yang terakhir ini terutama kasar, membangkitkan gambar dupa atau tongkat 'joss' digunakan upacara saat pemakaman). Sebuah mangkuk nasi dapat diangkat dengan satu tangan untuk meraup beras ke dalam mulut dengan sumpit. Hal ini juga dianggap kasar untuk mencari bagian satu akan lebih memilih di piring bukannya mengambil bagian yang paling dekat dengan restoran sebagai simbol keadilan dan berbagi dengan orang lain. 
Bagian terakhir dari makanan di piring komunal tidak pernah disajikan kepada diri sendiri tanpa meminta izin. Ketika ditawarkan sedikit terakhir makanan, itu dianggap sopan untuk menolak tawaran tersebut. Hal ini dianggap saleh untuk pengunjung untuk tidak meninggalkan sedikit makanan di piring atau mangkuk mereka. Bumbu, seperti kecap atau saus bebek, mungkin tidak secara rutin tersedia di restoran berkualitas tinggi. Asumsinya adalah bahwa makanan sempurna siap tidak memerlukan bumbu dan kualitas makanan dapat menjadi yang terbaik dihargai.


Tidak tepat untuk menempatkan ujung sumpit di mulut Anda. Jangan menempel sumpit Anda tegak di nasi Anda. Hal ini dianggap kasar karena menyerupai dupa yang digunakan pada ritual keagamaan Cina. Ketika Anda selesai makan, taruh sumpit di atas meja, kalau diletakkan di piring Anda, itu dianggap sial.
Demikianlah artikel mengenai Tata Cara Makan di Cina, semoga dapat menjadi informasi bagi Anda yang ingin tahu bagaimana China Table Manners.
 
 
 
Sumber :  http://www.caramakan.com/2014/08/Tata-Cara-Makan-Cina.html

Komentar

Postingan Populer