Make up Fantasi ( dengan tema : PUTRI TULIP )

                              





Sejak manusia purba bahwa make up digunakan untuk upacara-upacara keagamaan, ritual. Seperti bangsa Afrika wajah dan kadangkala tubuhnya dipenuhi oleh lumpur atau dengan olesan-olesan warna. Pemilihan warna dan bahanpun masih terbatas yang berasal dari tumbuh - tumbuhan, lemak, hewan dan tanah liat. Kemudian dengan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dunia make up pun berkembang yang semula hanya untuk upacara - upacara keagamaan, kemudian berfungsi untuk menghias diri dalam pergaulan dan dapat menunjukkan watak, sifat dan emosi seseorang. Hal ini dapat dilihat dalam pertunjukkan pertunjukkan drama, televisi dan film, begitu pula make up fantasi yang awalnya untuk pertunjukkan - pertunjukkan khusus yaitu dalam acara perayaan ( carnaval ). Sekarang sudah berkembang menjadi alat untuk mempercantik diri seperti " tatoo". Carnaval ini dimaksudkan untuk hiburan akhir tahun agar mereka tidak dapat dikenal baik oleh keluarganya ataupun oleh kawan dekatnya sendiri yaitu dengan acar wajah dan tubuhnya dilukis dan mulai lucu ( badut ) sampai ke yang lebih seram lagi.  Adapun perbedaan antara penggunaan cat tubuh  ( body painting ) dengan tatoo adalah sebagai berikut :
  • Tatoo pada tubuh bersifat permanen ( temporal )
  • Body painting pada tubuh bersifat sementara ( kontemporal )
Pada tema putri Tulip ini dimaksudkan sebagai salah satu contoh make up fantasi versi nasional, yaitu make up wajah yang bersifat khayalan / fiktif. Dalam hal ini costum sebagai penunjang harus berkaitan dan ada unsur alam yang diangkat atau kebudayaan salah satu daerah, misalnya etnik Toraja ( yang terkenal dengan patungnya ), Bali ( dengan ukirannya ) dan lain lain.


 MAKE UP FANTASI



Ada dua versi make up fantasi, yaitu :
  • Make up fantasi versi Nasional adalah suatu make up wajah yang menonjolkan ciri" khas kebudayaan yang berasal dari lingkungan alam.
  • Make up fantasi versi Internasional adalah suatu make up wajah dan tubuh secara totalitas yang kadang kala tanpa menggunakan kostum sehelaipun, tema yang diambilpun lebih bebas.
Dari kedua make up tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang akan menekuni make up, baik itu make up versi nasional ataupun versi Internasional, karena dalam membuat make up ini perlu adanya pengetahuan dan wawasan kebudayaan yang luas, tanpa wawasan dan pengetahuan yang luas penata rias tidak dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan baik.

Ada hal - hal yang harus diperhatikan sebelum membuat rias wajah fantasi bagi penata rias :
  • Memiliki pengetahuan tentang kosmetologi
  • memiliki pengetahuan tentang warna
  • memiliki pengetahuan tentang make up dasar, trampil dan mahir
  • memiliki pengetahuan tentang penataan rambut dasar, trampil dan mahir
  • memiliki pengetahuan tentang kostum dan aksesoris.

 
KOSMETOLOGI
Kosmetologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan kosmetik dengan baik dan benar, dalam buku television and film make up dikatakan bahwa sebelum melakukan make up terlebih dahulu penting mengetahui beberapa perlengkapan make up dan  berhati hati dalam penggunaan agar dapat bekerja secara efektif  dan mencapai tujuan. Dari pengertian tersebut diata dapat diambil kesimpulan bahwa mengetahui, memahami penggunaan kosmetik sangat penting agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.



WARNA
Warna dalam kehidupan sehari hari setiap orang tidak lepas dari keindahan, indah yang dimaksud sebenarnya sangat luas seperti serasi, tidak berlebihan dalam penggunaan atau pemilihan warna - warna yang satu dengan yang lainnya agar terlihat indah.
Contoh dalam tema putri Tulip ini, dengan memadukan antara warna yang senada, baik warna dari mahkota, costum maupun pada wajah



MAKE UP
Make up dalam buku tata rias untuk kecantikan dan kepribadian bahwa make up adalah bertujuan untuk menambah baiknya penampilan dengan menonjolkan poin - poin yang baik dan menutupi bagian bagian yang kurang baik. Dalam pembuatan suatu make up baik versi nasional ataupun internasional tujuan akhirnya adalah model tampak indah dan serasi.



RAMBUT
Rambut dikatakan bagus bila sesuai dengan keadaan sipemakai, untuk kategori penataan rambut fantasi disesuaikan dengan tema yang akan dibuat untuk versi nasional maupun versi Internasional, penataan rambut ini bisa menggunakan alat bantu berupa kawat - kawat  yang sudah dibentuk sedemikian rupa atau dengan tambahan lain seperti penempelan rambut - rambut tambahan di tambah dengan payet atau sejenisnya juga bisa langsung menggunakan rambut model itu sendiri.



KOSTUM DAN AKSESORIS
Untuk kelengkapan terakhir dari make up fantasi yang akan dibuat tidak lepas dari kostum dan aksesoris lainnya karena kostum dan aksesoris dapat membantu penampilan modern karena apabila design kostum tidak menunjang tema maka nilai dalam penampilan akan jatuh begitupun dengan kelengkapan aksesoris.
  • Kostum versi nasional : Bagian payudara tertutupi dan bagian bawahnya dari pinggul ke bawah kurang lebih 20 cm.
  • Kostum versi Internasional : Tidak terbatas yang artinya seorang model boleh tidak memakai sehelai benangpun.
Jadi kesimpulan yang dapat diambil bahwa penggunaan kostum dan aksesoris 30% sementara body painting 70%. Yang dimaksud dengan body painting disini adalah suatu kosmetik yang bebentuk cream atau cair yang khusus digunakan  untuk melukis wajah atau tubuh yang bertujuan untuk memperjelas tokoh atau tema yang diperankannya. Menggambar tubuh atau body painting dari suatu cerita atau khayalan baik make up fantasi versi nasional ataupun versi Internasional tidaklah mudah, hal ini tentunya memerlukan banyak latihan dan ketekunan.



ADA 3 TEKHNIK MENGGAMBAR TUBUH

1.  TEKHNIK PENGECATAN ( PAINTING )

 Tekhnik ini dilakukan dengan menggunakan kuas atau sejenisnya sebagaimana kita menggambar diatas kertas atau di atas kain kanvas.


 
2.   TEKHNIK SABLON

Tekhnik ini dilakukan dengan cara menyiapkan pola yang sudah jadi, pola tersebut terbuat dari kertas yang telah di bentuk sesuai dengan tema.

 
3.   TEKHNIK GABUNGAN

Tekhnik ini dilakukan dengan cara tekhnik painting dan sablon yaitu sebagian gambar pada tubuh langsung dengan pengecatan atau olesan dan sebagian dengan menggunakan pola - pola yang sudah jadi atau benda asli yang langsung dilekatkan pada tubuh.






Sumber bacaan :
  • Dra. Sri Ardiati Kamil, Tata rias untuk kecantikan dan kepribadian, penerbit : Miswar, jakarta, cetakan ketiga tahun 1984.
  • Herman Buchman, Television and film make up, london : Pitman publising tahun 1973
  • Otto Adalbert Schneider, Stage make up Leichner, France
  • Make up fantasi tema tulip oleh Abdul Halim, Spd dan Samsuri, Spd.













.









Komentar

Postingan Populer