Yuk merawat rambut!

rambutsehat




Pernahkah kalian perhatikan di televisi? Berbagai produsen shampoo begitu gencar bersaing beriklan untuk menarik perhatian. Wanita cantik dengan rambut yang hitam, panjang, terlihat lembut menjadi modelnya. Yap! Rambut memang menjadi pesona bagi wanita. Bagi sebagian wanita, rambut menjadi ukuran kecantikan mereka.  Sibuk pergi ke salon, menjadi resep si ini, si itu demi mendapatkan rambut yang mempesona. Dan bagi sebagian wanita, walau mereka menyadari rambut adalah mahkota bagi wanita, mereka tidak punya waktu untuk melakukan perawatan yang seharusnya.
Bagi kamu cewek pintar, yang sibuk dengan sekolah dan kegiatan-kegiatan bersosialisasi ada trik khusus untuk merawat rambut tanpa harus ribet.
Ini dia trik dan tips untuk rambut sehat dan terawat:
  • Jaga konsumsi makanan kamu. Jika dulu kita merasa dipaksa untuk makan sayur-sayuran dan buah-buahan oleh Ibu, itu karena Ibu tahu manfaat sayur dan buah bagus buat kesehatan kita, termasuk rambut.  Juga perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Seperti protein yang terdapat dalam telur, kedelai, susu, kacang-kacangan dan ikan.
  • Biasakan membersihkan rambut minimal seminggu dua kali. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Selain itu, kebersihan rambut juga mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Yang pasti, dengaan rajin membersihkan rambut, kulit kepala Anda terbebas dari ketombe.
  • Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosokan rambut ke handuk, karena dapat menyebabkan rambut semakin kusut.
  • Jika kamu sedaing buru buru dan harus menggunakan hair dryer usahakan dalam jarak aman hair dryer yaitu 3-4 cm dari rambut.
  • Jangan menarik rambut terlalu keras saat menggunakan hair dryer karena dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok
  • Untuk mendapatkan efek lurus dan berkilau pada rambut kusam atau yang sudah pudar warnanya, pakai saja rol rambut, lalu catok rambut selama 10-15 menit. Setelah itu semprotkan hair shine (pengkilap rambut) secara merata.
  • Kamu harus rajin creambathpaling tidak seminggu sekali.  Untuk menghitamkan rambut misalnya, pilihlan krim yang mengandung kemiri, sementara untuk memperkuat akar-akar rambut, pilihlah krim yang mengandung ginseng.
  • Untuk melindungi bagian kutikula dan korteks pada rambut, lakukan hair manicure. Cara ini efektif untuk membuat rambut terbebas dari kerusakan seperti kusam dan mudah rontok. Berfungsi juga melindungi rambut dari terpaan sinar ultra violet. Selain itu, hair manicure dapat membuat rambut kamu lebih berkilau dan mempertahankan warna rambut lebih lama.
  • Jangan lupa untuk memberikan konsumsi vitamin pada rambut kamu. Vitamin rambut dapat berbentuk oil atau cream. Khusus untuk rambut berwarna, pilihan yang tepat adalah menggunakan vitamino color atau luminance oil.
Nah, cewek pintar… yuk merawat rambut kamu. Ga cuma pinter di sekolah, kita juga harus pinter merawat diri juga ðŸ™‚


Sumber : https://smartgals.wordpress.com/2009/10/29/yuk-merawat-rambut/#respond

Komentar

Postingan Populer