Lima Alasan Perlu Mengonsumsi Bawang Merah


PRLM - Bawang merah (Allium cepa) dikenal sebagai salah satu pelengkap bumbu dapur untuk memasak. Namun sebenarnya banyak manfaat yang diperoleh dari sayuran umbi ini, yang harganya kerap melonjak saat bulan Puasa.
Berikut ini lima alasan baiknya mengonsumsi bawang merah:
1. Keuntungan Kardiovaskular (jantung)
Ada bukti bahwa kandungan sulfur dalam bawang merah berperan dalam mencegah pembekuan dalam darah dan penggumpalan bersama sel-sel darah platelet darah. Sulfur pada bawang juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah dan meningkatkan fungsi membran sel darah merah.
Keuntungan dari bawang adalah kandung seratnya mencegah serangan jantung. Kandungan flavonoid mendukung aneka temuan dalam penelitian ini.
2. Keuntungan Tulang dan Jaringan Penghubung
Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang membantu meningkatkan kepadatan tulang dan sangat membantu wanita memasuki masa menopause yang diwarnai dengan berkurangnya kepadatan tulang.
Ada bukti wanita yang melewati usia menopause bisa menurunkan risiko retak tulang panggul dengan mengonsumsi bawang setiap hari.
3. Keuntungan Anti Peradangan
Kandungan sulfur pada umbi bawang ternyata bisa juga menghambat kegiatan makrofage, sel darah putih spesifik yang memainkan peran penting dalam kekebalan tubuh dan juga sebagai benteng pertahanan serangan peradangan besar-besaran.
4. Melindungi dari Kanker
Bawang mampu menurunkan risiko sejumlah kanker. meski hanya dikonsumsi sedikit saja. Kanker usus, pita suara, dan kanker rahim bisa diturunkan risikonya dengan mengonsumsi bawang.
Jangan keliru dengan sediki irisan bawang atau asupan bawang yang tidak sering jika menginginkan keuntungan mencegah kanker. Coba memasukkan satu bawang utuh dalam resep makanan, atau setidaknya mengonsumsi setengah bawang.
5. Keuntungan lain
Bawang juga memberikan kontribusi potensial untuk meningkatkan keseimbangan gula darah, mencegah infeksi bakteri. Bersama kandungan sulfur, unsur flavonoid quercetin dalam bawang memberikan keuntungan antibakteri.
Disarankan untuk memperhatikan penanganan bawang agar keuntungan bagi kesehatan tidak hilang, seperti lama disimpan meski telah diiris-iris, juga lama terkena panas, semacam sepuluh menit dikukus mempengaruhi manfaat bawang. (A-88/fitnea)***



Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/256746#.UnOC7OslVHo.facebook

Komentar

Postingan Populer