Ini Arti Kode Stiker pada Buah-buahan yang Dijual di Supermarket






Jakarta - Saat membeli buah di supermarket, sebagian dari Anda mungkin menyadari bahwa setiap butir buah yang dijual, ditempeli stiker kecil di atasnya. Keberadaan stiker kecil itu biasanya tak dipedulikan, tapi sebenarnya menyimpan informasi tentang bagaimana buah-buah tersebut ditanam.

Dijelaskan pakar kesehatan Dr Frank Lipman, setiap stiker pada buah memiliki kode yang disebut PLU atau singkatan dari 'price look-up number'. Ada tiga kode yang berbeda, dan rangkaian angka-angka yang tertera mengidentifikasi apakah buah tersebut ditanam secara konvensional, organik atau telah mengalami rekayasa genetik.

Frank, seperti dikutip dari Daily Mail mengungkapkan, jika terdapat empat digit angka pada stiker misalnya '4020', maka itu berarti buah yang Anda beli ditanam dengan metode konvensional. Artinya bibit buah ditanam, diberi pupuk, pestisida, dan kemudian dipanen. 

Buah pisang biasanya semuanya memiliki kode yang sama, seperti '4011' jika memang ditanam secara konvensional. Tapi jika stiker memiliki lima digit yang dimulai dengan nomor '9', misalnya '94011' untuk pisang, berarti buah tersebut ditanam secara organik.
Foto: Getty Images

Sementara untuk buah dengan kode lima digit yang dimulai dengan angka '8', menandakan penanamannya dilakukan dengan rekayasa genetik. Maka jika Anda termasuk health enthusiast yang menghindari atau meminimalisir konsumsi makanan dengan rekayasa genetik, maka buah dengan kode '8' di depannya sebaiknya dihindari.

Sekilas mengenai rekayasa genetik, adalah proses manipulasi gen yang bertujuan mendapatkan bibit unggul dari suatu organisme. Di bidang pertanian, rekayasi genetik biasanya dilakukan untuk mempercepat panen namun dengan hasil yang tetap berkualitas demi keperluan industri pangan. Namun metode ini masih menuai pro dan kontra, karena rekayasa genetik dinilai bisa mengurangi nilai gizi pada makanan hingga kecurigaan menyebabkan kanker.

Pemberian kode pada buah-buahan diciptakan dan dikeluarkan oleh International Federation for Produce Standards, sebuah organisasi global yang bertugas menentukan kode pada buah yang akan dijual ke seluruh dunia. Pengkodean ini telah digunakan di berbagai supermarket seluruh dunia sejak 1990. (hst/hst) 


Sumber : http://m.detik.com/wolipop/read/2016/11/02/121807/3335215/1135/ini-arti-kode-stiker-pada-buah-buahan-yang-dijual-di-supermarket?utm_source=line&utm_medium=Msite&utm_campaign=ShareFacebook

Komentar

Postingan Populer