MENGENAL TANDA "SEGITIGA" PADA KEMASAN PLASTIK


Simbol kemasan plastik (sumber (informasitips.com)

GoHitz.com - Pernahkah kamu menyadari bahwa di setiap kemasan plastik selalu ada tanda segitiga dengan simbol angka ditengahnya ? Ternyata simbol-simbol tersebut memiliki makna masing-masing. Mau tahu makna apa sajakah itu? Yuk, kita bahas satu persatu!
1. PET/PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)
Biasanya, PET/PETE ini tertera pada plasik berwarna bening seperti botol mineral dan jenis botol minuman lainnya. Botol ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jika terlalu sering dipakai, aplagi untuk air panas, mengakibatkan lapisan polimer pada botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik penyebab penyakit kanker. 
2. HDPE (High Density Polyethylene)
Simbol ini biasa digunakan pada botol susu berwarna putih susu, galon air minum, wadah plastik, kursi lipat dan lainnya. Simbol ini menunjukkan bahwa plastik tersebut lebih kuat, buram dan tahan lama terhadap suhu tinggi. Plastik jenis ini juga lebih aman digunakan karena kemampuannya mencegah reaksi kimia antara kemasan platik berbahan HDPE dengan makanan atau minuman yang dikemasnya. Botol jenis ini juga hanya direkomendasikan untuk satu kali pakai.
3. PVC/V (Polyvinyl Chloride)
Plastik dengan simbol ini sangat berbahaya jika digunakan untuk mengemas makanan dan minuman karena berpotensi membahayakan ginjal dan hati. Bahan ini mengandung klorin dan dapat mengeluarkan racun jika dibakar. Biasanya ditemukan pada plastik yang digunakan yntuk panel, tikar, dan plastik pembungkus kabel, pipa plastik, bingkai jendela dan lainnya. Plastik ini relatif tahan terhadap sinar matahari. 
4. LDPE (Low Density Polyethylene)
Simbol ini biasanya terdapat pada tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol lembek, pakaian, mebel dan lain sebagainya. Jenis plastik LDPE biasanya bersifat kuat, tembus pandang, fleksibel, dan agak berlemak. Pada suhu 60 derajat akan sangat resisten pada reaksi kimia, dan memiliki proteksi terhadap uap air yang baik. bisa didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas namun tetap kuat. Meski sulit dihancurkan, jenis Simbol ini tetap baik untuk tempat makanan. 
5. PP (Polypropylene)
Simbol segitiga dengan angka 5 merupakan salah satu yang paling aman digunakan untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman. Karakteristiknya biasanya botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Jenis ini lebih Kuat dan ringan dengan daya tahan tembus uap yang rendah, dan juga memiliki ketahanan yang baik terhadap lemak serta stabil terhadap suhu tinggi. 
6. PS (Polystyrene) 
Biasanya terdapat pada tempat makan styrofoam dan tempat minum sekali pakai. Bahan ini harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan otak dan mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi. Bahan ini sulit didaur ulang. Polystrene merupakan polimer aromatik yang dapat memunculkan bahan styrene ke dalam makanan ketika bersentuhan dengan makanan tersebut. Styrene juga bisa ditemukan pada asap rokok dan asap kendaraan. Bahan ini juga mengandung benzene, suatu zat penyebab kanker dan tidak boleh dibakar. 
7. Other (Polycarbonate)
Bahan jenis Other ini terdiri dari 4 macam yaitu SAN (Styrene acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile butadiene styrene), PC (Polycarbonate), dan Nylon. 
Biasanya ditemukan pada botol minum olahraga, Suku cadang mobil, alat rumah tangga, alat elektronik dan plastik kemasan.



Sumber : http://www.gohitz.com/article/mengenal_tanda_segitiga_pada_kemasan_plastik

Komentar

Postingan Populer